PENGUATAN KARAKTER RELEGIUS MELALUI PEMBELAJARAN NAHWU SHOROF DI MI DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Widiyatul Fitriani, Nor Afni, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Karakter religius merupakan salah satu karakter yang dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia. Karakter religius merupakan landasan awal yang diharapkan mampu mewujudkan generasi yang berakhlak mulia dan bermoral baik. MI Darul ulum Palangka Raya merupakan salah satu madrasah yang menerapkan penguatan karakter religius melalui pembelajaran Nahwu Shorof. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter religius melalui pembelajaran Nahwu Shorof di MI Darul Ulum Palangka Raya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memaparkan atau menggambarkan kondisi di lapangan berdasarkan data-data yang sudah diperoleh. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pembelajaran Nahwu shorof. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara dengan mengajukan instrumen pertanyaan, analisis data yang digunakan berdasarkan pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung di MI Darul Ulum Palangka Raya. Hasil penelitian menujukkan bahwa dengan adanya pembelajaran Nahwu Shorof mampu memperkuat karakter religius peserta didik diantaranya meningkatnya keterampilan baca tulis bahasa arab seperti arab melayu dan arab gundul. Melalui hal itu peserta didik dapat membaca kitab-kitab keagamaan, memperbaiki bacaan dalam beribadah, meningkatkan adab sopan santun kepada orang tua, guru, maupun teman.


Full Text:

PDF

References


Aidah, S.N,. 2021. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bojonegoro: Tim Penerbit KBM Indonesia.

Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasi Melalui Pelatihan Manajemen Diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441

Asdiqoh, S. (2019). Implementasi pendidikan karakter pada siswa madrasah aliyah negeri 1 boyolali. LP2M Press IAIN Salatiga.

Dodi, L. (2013). METODE PENGAJARAN NAHWU SHOROF (Ber-kaca dari Pengalaman Pesantren). Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(1), 100–122. http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/tafaqquh/article/view/6

Elham, Elfiansyah. 2014. Kaidah-Kaidah Bahasa Arab Dasar- Dasar Ilmu Nahwu dan Shorof Bagi Pemula dan Lanjut Usia. Samarinda: Mujahidin Press

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Pedagogik, 5(2), 193–208.

Hasanah, F., Kamalludin, C., & Kamalludin, K. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Kota Bogor. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(2), 217–222. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i2.80

Hidayat, H., & Sukitman, T. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Mi Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.50

Istifany, P. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 84–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677

Khasanah, U. (2021). Manajemen pembelajaran nahwu shorof di pondok pesantren apik kesugihan. 5(1), 107–133.

Moh Wahyu, K. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 4 Batu. Jurnal Elementaray School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 8(2), 295-302.

Narulita, S., Aulia, R. N., Wajdi, F., & Khumaeroh, U. (2017).

Pembentukan Karakter Religius Melalui Wisata Religi. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 159–162. http://semnastafis.unimed.ac.id

Ramadan, A. A. P. (2017). Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri ( UIN ) Mataram.

Setyaningsih, R., & Rochma, S. N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 3(2), 83. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i2.10590

Sukatin & m.shoffa Saifillah al-Faruq. 2021. Pendidikan Karakter. Sleman : Deepublish

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), September, 254–262.

Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106-121.

Zakariyah, A. (2021). Penguatan Pendidikan Agama Islam melalui integrasi pembelajaran di madrasah dan pesantren: studi kasus di pondok pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Zulifan, M. 2018. Bahasa Arab untuk Semua. Jakarta: Gramedia Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.