Peningkatan Pemahaman Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas XI melalui Metode Index Card Match

Hatmin Hatmin

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui peningkatan pemahamn membaca al Qur’an peserta didik kelas XI  MIA  2 terhadap tajwid khususnya pada masalah Mad, yakni mad Thobi’i, Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil supaya mampu memahami bacaan al Qur’an dengan  baik.Model pembelajaran melalui pendekatan PBL (Problem Based Learning) dengan metode Index Card Match diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI. Latar belakang penelitian ini adalah adanya peserta didik yang masih banyak kurang paham dalam membaca al Qur’an khususnya pada masalah mad tersebut di atas.  Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2. Ada delapan peserta didik dengan tiga tingkat pemahaman membaca al Qur’an yang berbeda, yaitu pertama, belum bisa memahami bacaan mad. Kedua, kurang memahami bacaan mad. Ketiga, cukup paham dalam bacaan mad. Penggalian data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan deskriptif analitik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kompetensi dalam pemahaman membaca al Qur’an dalam hal bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil dan mad jais munfashil sebesar 87% sisanya 13%  belum mampu memahami secara praktik karena memang belum bisa membaca al Qur’an sama sekali dan masih perlu bimbingan membaca al Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Ai Muflihah, “Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran index card match pada pembelajaran matematika†Jurnal Pendidikan Indonesia,Vol.2 No.1 Januari 2021, p-ISSN:275-7141 e-2746-1920.

Bahtiar, Rasni, Efektifitas “Penggunaan Metode Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama islamâ€, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1 No. 1 tahun 2018 http://ejurnal.iainpare.ac.id>artikel.

Candra Yulianto,†Penerapan Model Pembelajaran Aktif Index Card Match untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII A di MTs Burhanul Abrar Situbondo†Jurnal Pendidikan, Sains dan Tehnologi, Vol.1 No. 1, 2014, ISSN: 2665-3392.

Defi Yuniantika, Penetrapan Metode Pembelajaran Inndex Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN Wirokerten Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol.4 No. 2, Januari 2018 https://media.neliti.com/media/publications/259096-penerapan-metode-pembelajaran-index-card-785d3319.pdf.

Fadilah Annisa, Marlina, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik†Jurnal, Vol.3 No. 4 November, 2019, p-ISSN: 2580-3735 e-ISSN: 2580-1147.

Fatmawati, Nur Hikmah Pohan, “Efektifitas Model Permainan Kartu Index ( Index Card Match) terhadap Hasil Pembelajaran Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK al Harist†Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 2 No. 1, 2021

Fika Fatamawati, Harmanto, “Pengembangan Media Puzel Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS’,Jurnal, UNS, 2019, ISSN: 2252-6366.

Hikmatul Fadhilah Sianipar, “Perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan model pembelajaran aktif tipe index card match berbantuan software geogebra†Jurnal Inspratif, p-ISSN: 2442-8876 e-ISSN: 2528-0475 E-mail: fadhilah525@gmail.com.

Jumardin La Fua, Zuhari, Arifin, “Penerapan Model Pembelelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 1 Talaga Besar Kec. Telaga Raya Kabupaten Buton Tengah†Jurnal Pemikiran Islam Vol.3 No. 1, Juli 2017.

Nurul Husna, “Penigkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui model pembelajaran advance organizer dengan bantuan media index card match†Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4 No. 2 Agustus 2018, ISSN: 2442-4668.

Riris Nur Kholidah Rambe, “Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia†Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1, Januari-Juli 2018 P-ISSN: 0854–2627, E-ISSN: 2597-4270 https://www.mendeley.com/reference-manager/reader/b7f4e560-077e-3137-a0ae-66fa67715bb8/54b6c5b9-7d98-6c09-5cd1-55847a261cda

Kemenag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: PT. Tahazed, 2010).

Nana Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, (Bandung: Sinar Baru, 1989).

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Bumi Aksara, 2002).

Yunahar Ilyas, Kuliah Ulumul Qur’an, (Yogyakarta: Itqan Publishing, 2013).

Nurul Dwi Julianti, 2017, “Penerapan Metode Index Card Match dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VIII B SMP al Islam Bnadung†http://digilib.uinsgd.ac.id/19591/2/2_ABSTRAK%20%20FIX.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.