Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif

Enggal Mursalin, Aria Bayu Setiaji

Abstract


Kota ambon sebagai salah satu kota terpadat di Provinsi Maluku memiliki permasalahan terkait sikap kepedulian lingkungan warga masyarakatnya yang masih sangat rendah. Aktivitas seperti membuang sampah di aliran sungai dan laut, penggunaan plastik yang berlebihan, membakar sampah, serta aktivitas serupa lainnya semakin memperparah kondisi lingkungan di kota ini. Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi literasi sains pada kegiatan pembelajaran dalam upaya menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa. Hasil penelitian mengungkap bahwa literasi sains dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Science-Environment-Technology-Society (SETS) dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri. Kemampuan literasi sains yang baik akan turut meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa, sehingga diharapkan siswa mampu menjadi individu yang peduli akan kelestarian lingkungan di tempat tinggalnya. Pihak sekolah perlu bersinergi dengan guru dalam menyusun kurikulum, perangkat pembelajaran, metode dan model pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang mendukung dalam upaya meningkatkan literasi sains siswa, sehingga upaya menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa dapat tercapai dengan optimal.

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2017). Upaya Mengembangkan Literasi Sains Menggunakan Model Sets (Science Environment Technology Sosiety) dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1).

Anggraini, N., & Trisakti, B. (2011). Kajian dampak perubahan iklim terhadap kebakaran hutan dan deforestasi di provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Penginderaan Jauh Dan Pengolahan Data Citra Digital, 8.

Ashri, N., & Hasanah, L. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu pada tema energi dan lingkungan. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 469–472.

Carin, A. A. (1993). Teaching modern science. Simon & Schuster Books For Young Readers.

Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Sethna, G. H. (1991). A method to quantify major themes of scientific literacy in science textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28(8), 713–725.

Choerunnisa, R., Wardani, S., & Sumarti, S. S. (2017). Keefektifan pendekatan contextual teaching learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap literasi sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1945–1956.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Dahlan, E. D. U. (2018). Strategi dan Tantangan Penanganan Kawasan Kumuh di Kota Ambon. FIKRATUNA: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2).

Fattah, A., & Suhirman, S. (2019). Pengaruh Literasi Sains, Pemahaman Quran Hadis, Dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 227–246.

Haryadi, E. F., Priyono, A., & Retnoningsih, A. (2015). DESAIN PEMBELAJARAN LITERASI SAINS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 1–7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/9898

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Kesaulya, H. M., Poli, H., & Takumansang, E. D. (2016). Perencanaan mitigasi bencana longsor di Kota Ambon. Spasial, 3(3), 228–235.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191.

Kurnia, F., Zulherman, Z., & Fathurohman, A. (2014). Analysis of Physics Teaching Material for Grade XI in the district of north Indralaya based on scientific literacy themes. Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University.

Laka, B. M., Sideng, U., & Amal, A. (2017). Perubahan Penggunaan Lahan di Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jurnal Geocelebes, 1(2), 43–52.

Martini, M., Rosdiana, L., Subekti, H., & Setiawan, B. (2018). Strengthening students’ characters and ecopreneurship through science, environment, technology, and society course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 162–171.

Masfufah, F. H., & Ellianawati, E. (2020). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Bermuatan Etnosains. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 129–138.

Mesfer, A. F., & Fataruba, S. (2021). Akibat Hukum Terhadap Limbah Sampah Plastik Di Teluk Ambon Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. TATOHI: Jurnal Ilmu Hukum, 1(6), 554–563.

Metekohy, E. F., Mononimbar, W., & Tarore, R. C. (2016). PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN PADA PUSAT KOTA AMBON. SPASIAL, 3(1), 106–112.

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227–252.

Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113–127.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.

Notanubun, S. G. (2018). Kajian Kerusakan Lingkungan Perairan Sungai Wae Tomu Akibat Pembuangan Limbah Domestik di Kota Ambon. Universitas Gadjah Mada.

Nurjanah, S., & Mursalin, E. (2022). Pentingya Mitigasi Bencana Alam Longsor Lahan: Studi Persepsi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 521–530.

OECD. (2004). PISA Learning for Tomorrow’s World: First Results from PISA 2003 (Vol. 659). Simon and Schuster.

OECD. (2015). Draft science framework. 2014-07-17]. Http://Www. Oecd. Org/Pisa/Pisaproducts/Draft PISA 2015 Science Framework. Pdf. Paris.

Pattilouw, I. R., Mardiatmoko, G., & Puturuhu, F. (2019). ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN HUTAN DI IUPHHK-HA PT. GEMA HUTAN LESTARI KABUPATEN BURU PROVINSI MALUKU. JURNAL HUTAN PULAU-PULAU KECIL, 3(2), 127–135.

Pattipeilohy, D., Pattiselanno, A. E., & Mardiatmoko, G. (2019). Resiliensi Masyarakat Terhadap Banjir (Studi Kasus Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon). Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(1), 88–105.

Pesulima, Y. M., Kunu, P., & Siregar, A. (2018). Analisis Bahan Pencemar Dominan Di Muara Way Tomu Dan Muara Way Lela Wilayah Pesisir Kota Ambon. Jurnal Budidaya Pertanian, 14(2), 55–65.

Ristina, H., Linuwih, S., & Nuswowati, M. (2019). Sets learning efficacy to improve students science literacy skills. Journal of Innovative Science Education, 8(2), 183–189.

Rizal, S., & Meidawaty, S. (2020). Membangun Kepedulian Lingkungan Peserta Didik MI melalui Literasi Sains. PANDAWA, 2(2), 378–387.

Roos, D. O. (2021). David. O. Roos, Sampah dan Masalah Sosial Kemasyarakatan Di Ahuru Air Besar Kota Ambon. HIPOTESA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 57–69.

Rustaman, N., & Lufri, M. S. (2016). Pembelajaran Masa Depan Melalui Stem Education. Seminar Nasional Biologi Edukasi, 1.

Simsekli, Y. (2015). An implementation to raise environmental awareness of elementary education students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 222–226.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. In Bandung: Humaniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.