Reward , Punishment dan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa: Apakah Saling Berkolerasi?
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between reward and punishment with students' motivation to learn Arabic. This study uses a quantitative approach to the type of correlation research. Participants in this study were 57 MTS students. Data were collected using a questionnaire and analyzed using the product moment correlation formula. The results of this study indicate that the results of calculating the average value of the variable student attitudes about giving rewards and punishments is 85.26%. Meanwhile, the average calculation of the motivation to learn Arabic is 87.69%. This means that the variable student attitudes about giving rewards and punishments and motivation to learn Arabic for grade VIII students are in the "very strong" category, because they are in the 75% - 100% interval value. The results of this study indicate that there is a relationship between reward and punishment with the motivation to learn Arabic in students as evidenced by the value of rcount 0.602> rtabel 0.260 with a significance level of 5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Irmalia Susi. 2016. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 1(02). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/39 (May 28, 2019).
Arikanto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Aziz. 2016. “Reward-Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan (Perspektif Barat Dan Islam).” Cendekia: Journal of Education and Society 14(2): 233.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ernata, Yusvidha. 2017. “ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DI SDN NGARINGAN 05 KEC.GANDUSARI KAB.BLITAR.” 5: 10.
Faidy, Ahmad Bahril. 2014. “HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBUNTEN KABUPATEN SUMENEP.” 2: 15.
Feri Nasrudin. 2015. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD BINAAN 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES”, SKRIPSI, UNNES Semarang
Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FF UGM.
Hamalik, Oemar 2000. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamid, Hj Rusdiana. 2006. “REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” 4: 13.
Hasanah, Muammarotul. 2015. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NU PAKIS MALANG SKRIPSI.” : 173.
Hasibuan, Sutan Gembira. 2017. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PENGUASAAN PELAJARAN QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MANAR MEDAN.” 01.
Hidayat, Ali Taufiq. 2015. “Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Ilmu Pendidikan Agama Islam.” : 81.
Ilmiyah, Nurul. 2016. “PENGARUH PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET.” 04: 7.
Indrawati, Rengga, and Ali Maksum. 2013. “PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN SISWA MELALUIPEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAMPEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 LAMONGAN.” 01: 3.
Kawuryan, Sekar Purbarini, and M Pd. 2015. “NIM 10108241043 ini telah disetujui oleh dosen pembimbing untuk dipublikasikan.” 2: 14.
Latifah, Fitria Naimatul. 2018. IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI PERENG PEKEL ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018, SKRIPSI, IAIN SURAKARTA
Mariam Siti. 2017. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017”, SKRIPSI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslim Mohammad. 2015. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA MTSN BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015”, TESIS, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nahar, Novi Irwan. 2016. “PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” 1: 11.
Ningtiyas, Erna Marstiya. 2014. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SMP ISLAM PLUS BAITUL MAAL AL-PONDOK AREN TANGGERNG SELATAN”, SKRIPSI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, Wahyudi. 2018. “Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam.” 4: 19.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiantari, Ni Kadek. 2016. “PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016).” 7: 10.
Tukiran, Taniredja. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
WS. Winkel. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Wulandari, Ika Suci, and Taufiq Hidayat. 2014. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI.” 02: 6.
DOI: https://doi.org/10.23971/nathla.v1i1.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By: