Penggunaan Cartoon Story Maker (CSM) dalam Pembelajaran Maharah Istima’: Apakah Efektif?
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2019). OPTIMALISASI PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 67-74. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.1534
Ali Muhson. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Media Pembelajaran. VIII(2): 6.
Aminudin. 2014. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Media Pembelajaran. 7(2)
Andi Widdaya Sofyana. 2015. TASK BASED LANGUAGE TEACHING IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH CARTOON STORY MAKER. Iainsalatiga.ac.id
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Arnawisah. 2014/2015. Penggunaan Media Aplikasi Cartoon Story Maker dalam Pembelajaran Fisika Materi Kalor Untuk Mengetahui Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP GUPPI Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. digilib IAIN Palangkaraya
Hakim, Lystiana Nurhayat, dkk. 2016. USING CARTOON STORY MAKER (CSM) THROUGH PROJECT BASED LEARNING IN TEACHING CREATIVE WRITING.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2282
Hanany ,A. Syagif . 2017. Penerapan Strategi Listening In Action Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah. Jurnal al-Af’idah: Jurnal Pendidikan bahasa Arab Dan Pengajarannya. 1(1): 35-36).
Hasan. 2017. Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima Menggunakan Media Lagu. Jurnal Ilmiah Al QALAM. 10(19): 138.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902
Ilmiani, A. M., Hamidah, H., Wahdah, N., & Mubarak, M. R. (2020). The Implementation of Semester Learning Plan (RPS) on MaharahIstima’ Course by Using Cartoon Story Maker. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.18326/lisania.v4i1.1-22
Ismail Suardi Wekke. 20/15. Antara Tradisionalisme dan Kemodernan: Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat. Jurnal Tsaqafah. 11(2): 317.
Iwan Falahudin. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Media Pembelajaran. 1(4): 109.
Izzan, Ahmad. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora.
Jauhari, Qomi, Akid. 2018. Pembelajaran Maharah Istimadi Jurusan PBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Jurnal Tarbiyatuna. 3(1):131.
Jenny Elvinna Manurung. 2015. Using Cartoon Story Maker 1.1 in Developing Writing English Skills in EYL Classrooms. Jurnal Didascien Bahasa. 1(1): 45.
Mawan Akhir Riwanto, Mey Prihandani Wulandari. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR. 2(1):15.
Muhammad Ali. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Media Pembelajaran. 5(1): 11-18.
Muhammad Sholeh. 2016 THE EFFECT OF CARTOON STORY MAKER TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SCORE AND MOTIVATION AT THE CLASS OF SPEAKING III OF THE STATE ISLAMIC INSTITUTE OF PALANGKA RAYA. digilib IAIN Palangkaraya
Munir. 2017. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Muradi, Ahmad. 2013. TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING (ARAB) DI INDONESIA. Al-Maqoyis. 1(1): 129-130.
Nandang Sarip Hidayat. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam. 37(1): 82-84.
Neng Tari Aulianisa. 2019. EXPLORING CARTOON STORY MAKER APPLICATION AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA IN WRITING NARRATIVE TEXT IN SENIOR HIGH SCHOOL. Jurnal JOEPALLT. 7(01)
Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Media Pembelajaran. 36(1) : 38.
Nunu Mahnun, 2012. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 31(1): 29
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(1):21.
Puspitasari, Herwinda, dkk. THE USE OF CARTOON MOVIE IN IMPROVING STUDENTS SPEAKING ABILITY IN USING EXPRESSION OF ASKING FOR AND GIVING HELP. Jurnal Pendidikan. Hal. 6
Sapto Haryoko. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Media Pembelajaran. 5(1): 1-10.
Setyawan, Cahya, Edi. 2018. Konsep Landasan Teori Dan Rancangan Silabus Pembelajaran Maharah Istima Di Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7 (1):162.
Wahyuningsih, Ary, Nur. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education. 1(1):20.
Waluyanto, Heru, Dwi. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain. 7(1):51.
Yuni Tampi. 2014. Implementasi Media Cartoon Story Maker Dengan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Reading Comprehension Siswa Kelas IXA SMPN 1 Tamiang Layang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya 4(1):125.
DOI: https://doi.org/10.23971/nathla.v1i1.179
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Â