PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN MASALAH DI KELAS V SDS SURYA PERSADA

Haida Haida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Sosiodrama  dan meningkatkan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada materi asmaul husna Al-Qawiyyu dan Al-Qayyum pada peserta didik kelas V di SDS Surya Persada Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V di SDS Surya persada Tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 orang dan objek penelitian ini adalah Kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan masalah saling ejek pada materi Asmaul husna Al-Qawiyyu dan Al-Qayyum. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskkriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan  penerapan model pembelajaran Sosiodrama pada materi Asmaul husna Al-Qawiyyu dan Al-Qayyum dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan masalah saling ejek. Hal tersebut terbuktu dengan menurunnya persentase kasus saling ejek peserta didik dari Prasiklus I ke siklus I dari 80% menjadi 60%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemandirian peserta didik menyelesaiakan masalah meningkat 20%. Selanjutnya pada siklus II kasus saling ejejk menurun menjadi 20% sehingga Kemandirian peserta didik menyelesaikan masalah meningkat menjadi 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan kemandirian peserta didik menyelesaiakan masalah saling ejek siswa kelas V di SDS Surya Persada.

Full Text:

PDF

References


No. U.U (20) Tahun 2003 sistem Pendidikan nasional

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan.

Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Azis, A.M., Ananda, C.K., & Septini, D.S. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. ALIITIHADU, 1(1) 33-41

Karomah, Y.S., Y.S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60

Solihati, D. (2018). Hubungan Ice Breaker dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7 (2), 27-37

Damayanti, H.L., & Anando, A.A. (2021). Peran Guru dalam menumbuh kembangkan kemandirian siwa dalam melalui pembelajaran inkuiry. Jurnal Sinestesia, 11 (1) 52-59

Wardani, I.G.A.K. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan apliaksi penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipt.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.