PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII.A MTSN 4 MADIUN

Atik Kus Setiawan, Abdullah Abdullah

Abstract


Dalam proses belajar mengajar guru diharapkan menggunakan berbagai strategi, metode, model dan media pembelajaran. Pembelajaran SKI di MTsN 4 Madiun selama ini hanya menggunakan metode ceramah, ini membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar SKI tidak mencapai KKM. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model Jigsaw pada siswa kelas VII.A MTsN 4 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanaan dengan dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa , hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 64,28 % dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 89,74% dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80 . Pada siklus I masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM 70 namun pada siklus II sudah tidak ada lagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI kelas VII.A MTsN 4 Madiun semester ganjil tahun Pelajaran 2023/2024

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Arnyana lda BagusP. 2004.Pengembangan Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Ekosistem.Disertasi tidak diterbitkan.Malang: Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas NegeriMalang.

Depdiknas.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi SMA dan MA (Buku1-C).Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, M. dan Nur,M. 2000.Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Karim, H. 2008. Belajar Menurut Para Ahli.(Online), (https://tpers.net/?p=939, diakses tanggal 2 A pril 2009).

Nurhadi, 2004. Peningkatan hasil belajar, https://ejournal.unikama.ac.id

Hilgard dan Bower,1975.Definisi Belajar dalam bukunya Theories of Learning,http://repository.unpas.ac.id

Slavin dalam Sanjaya,2006 :240.Efektivitas penggunaan Metode Cooperative Learning, https://repository.uksw.edu

Barba,1995(dalam Susanto, 1999).Belajar Kooperatif, https://ejournal.uin-suska.ac.id

Sugiono, 2008.Metode Penelitian Kualitatif. Print.Malang.,http://respository.ub.ac.id, Sofa Mandiri dan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.